Friday, October 21, 2011

TERAPI BERMAIN UNTUK ANAK AUTIS



Terapi bermain Untuk Anak Autis 
Terapi bermain adalah proses terapi psikologis pada anak, di mana alat permainan menjadi sarana utama untuk mencapai tujuannya. Ada 3 macam alat permainan :

a.      Alat Permainan Fantasi
Alat permainan sudah tersaji dalam bentuk miniatur sehingga anak tinggal menggunakannya. Cara menggunakannya cukup dengan mengandalkan fantasinya. Contoh : boneka, mobil-mobilan dll

b.      Alat Permainan Keterampilan
Dalam memainkan alat permainan tersebut, keterampilan motorik sangat diperlukan. Apalagi bila harus dipertandingkan dengan teman-temannya. Contoh : main bola, sepeda dll.

c.       Alat Permainan Edukatif
Dalam memainkan alat permainan ini ada beberapa ciri : anak terlibat banyak, anak harus mampu menyelesaikan dan memerlukan panduan dari pemandu (terapis). Dalam terapi bermain, alat permainan yang banyak digunakan adalah APE, oleh karena anak memerlukan panduan terapis, sehingga terapi dengan mudah dapat berkomunikasi dengan anak dan sekaligus mudah untuk mengukur kemajuan perkembangan dari hasil terapi. Alat permainan fantasi dan keterampilan juga digunakan, apabila anak belum mampu untuk bermain dengan APE, juga dalam memberikan selingan selama terapi berlangsung, untuk mencegah kejenuhan.

No comments:

Post a Comment