Thursday, October 20, 2011

Redakan Radang Sendi Dengan Terapi Fisik

Apakah anda termasuk orang yang terkena radang sendi? Mari kita lakukan dengan terapi fisik...!!! beberapa pakar menyatakan bahwa terapi fisik dapat membantu penderita radang sendi mengatasi rasa sakit dan kesulitan bergerak akibat radang sendi. Terapis akan membantu memperbaiki fungsi fisik sehingga memudahkan anda melakukan aktivitas sehari-hari.



Radang sendi

Beberapa manfaat dari terapi fisik:

  • Latihan Olahraga
Kegiatan olahraga yang tepat bisa mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada persendian. olahraga berfungsi meningkatkan (Strengh) kekuatan otot, (Flexybility) kelentukan pada sendi, (Agility) Keseimbangan, Koordinasi dan () daya tahan.
Olahraga apa yang baik dan tepat...? Olahraga yang tepat bagi penderita perlu mempertimbangkan tingkat dari penderita, dengan kata lain perlu adanya pertimbangan kemampuan dan keterbatasan fisik penderita serta mendorong perbaikan secara bertahap. Dalam hal ini perlua adanya pakar/ahli olahraga sebagai terapis, terapis akan melihat, menganalisa, menilai dan memilih olahraga yang tepat untuk masing masing dari setiap penderita. Terapis akan mengajarkan pasien/penderita melakukan serangkaian gerakan guna meningkatkan kemampuan tubuh penderita serta latihan yang bersifat aerobik.

  • Teknik Perlindungan Sendi
sendi memiliki ruang gerak secara maksimal sering disebut dengan ROM (Range Of Moment), Perlindungan terhadap sendi sangat penting untuk memperbaiki mobilitas persendian dan mengurangi resiko cacat sendi. Pada saat terapi fisik dilakukan alangkah baiknya jika pada persendian ini jangan sampai mengalami trauma (cedera ringan, stres) pada saat melakukan peregangan otot otot persendian. untuk mengurangi trauma terhadap persendian, sebaiknya mempertahakankan atau memperbaiki kemampuan otot-otot persendian. Perhatikan posisi tubuh, pastikan bahwa saat melakukan gerakan dalam posisi yang benar dan tepat. gerakan tubuh harus sesuai dengan kemampuan penderita jangan sampai aktifitas yang diberikan terlalu berlebih serta hindari penggunaan beban berat yang dapat membahayakan persendian termasuk beban tubuh penderita. gunakan terapis yang membantu penderita dalam teknik teknik perlindungan sendi ini.

  • Mekanisme tubuh
Perlu anda ketahui bahwa gerakan memiliki mekanisme kerja, Posisi tubuh yang benar membantu  mengurangi rasa nyeri pada persendian dan otot, pada saat otot peregangan (relaksasi) terhadap persendian akan mengurangi resiko terjadinya cedera. Perlu anda perhatikan bahwa lakukan secara sadar setiap gerakan yang anda lakukan baik itu saat duduk, berdiri, mengangkat, menggapai bahkan pada saat posisi terlentang. Posisi tubuh yang benar dan tepat sangat mempengaruhi terapi fisik yang anda lakukan. Seorang terapis dapat membantu memperbaiki kesadaran anda mengenai mekanisme tubuh yang benar.

  • Terapi suhu kurangi sakit
suhu dapat digunakan untuk terapi, ada suhu panas dan suhu dingin. suhu ini dapat digunakan untuk meredakan ketidak nyamanan terhadap suatu penyakit, terutama pada persendian dan otot. mungkin anda bingung mau menggunakan terapi suhu panas atau suhu yang dingin. penggunaan terapi suhu ini tergantung pada jenis radang sendi serta gejala pada persendian atau otot, jenis trauma bengkak atau meradang. akan tetapi beberapa penderita lebih menyukai dengan menggunakan suhu panas dibandingkan dengan menggunakan terapi dingin (menggunakan es). namun alangkah baiknya apabila anda seorang penderita radang sendi berkonsultasi dengan dokter atau terapis yang benar-benar ahlinya.

  • Fungsi terapis pada saat latihan
Radang sendi memang terasa sangat sakit  pada persendian, otot-otot menjadi lebih lemah, pergerakan sendi semakin berkurang bahkan tidak sedikit pula kasus radang sendi memicu cacat sendi.Dengan demikian semakin berkurangnya ruang gerak sendi (ROM), bertambahnya rasa sakit saat bergerak, tugas-tugas sederhana mungkin terasa sangat berat dan sulit.
maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut, perlua adanya seseorang yang membantu melatih dan mengenali aktivitas yang baik dan tepat seorang terapis yang ahli dibidang ilmu keolahragaan.

  • Kurangi aktivitas tidak perlu
Melakukan banyak aktivitas anda memerlukan banyak tenaga, anda harus mengurangi aktivitas yang tidak berguna. Sakit nyeri, kekakuan dan keletihan akan meningkatkan apabila aktivitas tidak di imbangi dengan istirahat yang cukup. apabila anda seorang penderita harus mampu menganalisa dan mampu mengetahui "kapan waktu anda untuk istirahat?". Biasanya tanda dari radang sendi saat adanya gangguan terasa sakit. maka dari itu perlu adanya seorang terapi ahli di bidang ilmu keolahragaan yang akan membantu mengenali batas dan mengatur tingkat aktivitas bagi penderita radang sendi.

No comments:

Post a Comment