Monday, October 3, 2011

Behel / Kawat Gigi

Dewasa ini, semakin banyak orang yang memperhatikan penampilan mereka seperti salah satunya yaitu kerapihan gigi. Semakin banyak orang yang ingin menggunakan kawat gigi untuk merapihkan gigi mereka, tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa behel gigi atau kawat gigi memiliki beberapa jenis atau tipe yang berbeda. Biasanya orang-orang hanya mempercayakan pemasangan kawat gigi mereka kepada dokter gigi tanpa merasa harus mengetahui jenis dari behel yang mereka gunakan, tapi tidak ada salahnya kita mengetahui tipe-tipe dari behel gigi tersebut. Berikut adalah beberapa tipe dari kawat gigi yang ada.

Tipe-tipe Behel Gigi

Behel / Kawat Gigi Tradisional

 

Ini adalah jenis kawat gigi yang umum dipakai dan biasanya dirancang untuk digunakan oleh anak-anak. Kawat gigi tipe ini menggunakan braket kecil yang dilem pada bagian depan dari gigi, dan menggunakan bagian pengikat pada geraham. Braket menggunakan bahan yang tahan lama seperti keramik, emas dan metal. Pengikat yang digunakan terdiri dari beberapa pilihan, sehingga orang-orang dapat memilih tipe dan warna sesuai dengan keinginan mereka.

Kawat Gigi Ligual

Bagi orang-orang yang tidak ingin diketahui oleh orang lain bahwa mereka sedang menggunakan kawat gigi, maka tipe ini merupakan tipe yang cocok buat mereka. Jenis kawat gigi ini menggunakan braket yang dipasang dibelakang gigi, sehingga orang lain tidak akan mengetahui bahwa mereka sedang menggunakan kawat gigi.

Invisalign

 

Kawat gigi tipe ini adalah jenis yang sedang populer saat ini. Tipe ini kurang cocok bagi anak-anak, tetapi remaja dan orang dewasa yang mengalami masalah ortodonti yang tidak terlalu serius, dapat menggunakan jenis kawat gigi ini. Teknologi yang digunakan pertama kali dikembangkan oleg Align, yang menggunakan penampan plastik dari plastik bening dan biasa disebut aligners yang didisain khusus untuk muat di masing-masing gigi. Tipe ini merupakan behel gigi yang bisa dibuka dan diatur setiap dua minggu atau lebih atau bahkan berdasarkan langkah demi langkah.

Kawat Gigi Self Ligating

 

Kawat gigi tipe ini tidak memerlukan pengikat yang biasanya digunakan untuk menahan kawatnya, tapi menggunakan klip untuk menggantikan pengikat tersebut sehingga mengurangi gesekan antara kawat dengan braketnya. Keuntungannya adalah mengurangi ketidaknyamanan dari pengguna behel gigi itu sendiri, selain itu mudah untuk dibersihkan.

No comments:

Post a Comment