Monday, October 10, 2011

Definisi dari Kram Otot



Kram Otot terjadi tiba-tiba dan disebabkan oleh kontraksi dari otot anda secara tidak disengaja. Kram otot dapat sangat sakit sekali dan menyebabkan otot anda tidak dapat digerakan untuk sementara.
Kram dapat terjadi pada otot apa saja dari otot kerangka.  Otot-otot yang menghubungkan dua sendi dapat dengan mudah terjadi kram. Karm dapat terjadi pada sebagian atau seluruh dari otot atau juga bisa terjadi pada sekelompok kumpulan otot-otot.

Otot-otot yang biasanya sering terjadi kram adalah :
  • Otot betis
  • Otot punggung
  • Otot dada

Kram pada kaki, tangan, lengan, daerah perut dan sepanjang tulang rusuk adalah sangat sering terjadi.

Setiap orang akan mengalami kram otot kadang-kadang di dalam hidupnya. Kram dapat terjadi wakut main tennis, golf, berenang atau olahraga apa saja. Kram juga dapat terjadi pada saat anda duduk, berjalan atau bahkan sedang tidur.  Kadang-kadang gerakan ringan yang menarik otot dapat menjadi penyebab dari kram.

Sebagian orang cendrung terjadi kram otot karena penggunaan otot yang berlebihan.

Orang-orang yang beresiko kram yang terbesar adalah bayi dan anak-anak yang memiliki kelebihan panas tubuh, orang dewasa yang berumur lebih dari 65 thn dan orang-orang yang sakit, orang-orang kelebihan berat,  orang-orang yang kerja atau latihan berat atau orang – orang yang mengkonsumsi obat-obat tertentu atau sedang menjalani pengobatan.

Kram otot sangat sering terjadi pada atlit-atlit olahraga yang membutuhkan daya tahan tubuh seperti pelari marathon dan trialthletes dan orang-orang yang melakukan aktivitas fisik yang terus menerus.
  • Atlit – atlit yang sering mengalami kram sebelum pertandingan ketika tubuhnya tidak dipersiapkan dan oleh karena itu menjadi lelah. Kram sering terjadi pada waktu hampir akhir dari latihan panjang.
  • Orang-orang lebih tua mudah kena kram karena otot normalnya berkurang pada saat umur 40an dan dipercepat dengan jarangnya beraktivitas. Karena bertambahnya usia anda, otot anda tidak dapat bekerja sekeras dan secepat seperti biasanya. Tubuh juga berkurang perasaan capek dan kemampuan untuk merespon perubahan suhu.
Meskipun penyebab dari kram otot masih belum diketahui, beberapa peneliti percaya bahwa kurang cukup dari peregangan otot dan kelehan otot dapat menyebabkan  mekanisme kontraksi otot yang abnormal. Faktor lain yang mungkin terlibat adalah buruknya kondisi latihan atau bekerja pada suhu yang panas sekali, dehidrasi, kekurangan garam dan mineral-mineral (elektrolit). Kekurangan dari mineral ini juga dapat menyebabkan otot kejang.  

Stretching and Muscle Fatigue (Peregangan dan kelelahan Otot)

Otot-otot terdiri dari sekumpulan serat-serat yang berkontraksi dan menghasilkan gerakan. Sebuah program rutin dari peregangan panjang serat-serat otot sehingga otot-otot dapat berkontraksi dan lebih kuat ketika anda melakukan latihan. Ketika kondisi tubuh anda buruk, anda lebih mudah mengalami kelelahan otot, yang dapat merubah aktivitas saraf sumsum tulang belakang.  Latihan yang berlebihan dapat menyebabkan otot kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kejang. Ketika mulai kram,  urat tulang belakang menstimulasi otot untuk tetap berkontraksi.

Untuk menghindari kram, lakukan latihan-latihan rutin secara fleksible sebelum dan sesudah anda bekerja untuk meregang sekelompok otot yang mudah kram.
1.         Warm Up. Always warm up before stretching.
Selalu melakukan pemanasan sebelum meregangkan otot.
2.    Calf Muscle Stretch. In a standing lunge with both feet pointed forward, straighten the rear leg. (Repeat with opposite leg.)
Peregangan otot betis. Dalam posisi berdiri dengan kedua kaki menghadap kedepan angkat kakinya setinggi pantat, ulangi dengan kaki sebelahnya.
3.       Hamstring Muscle Stretch. Sit with one leg folded in and the other straight out, foot upright and toes and ankle relaxed. Lean forward slightly, touch foot of straightened leg. (Repeat with opposite leg.) 
Peregangan Otot Punggung. Duduk dengan satu kaki dilipat kedalam dan kaki yang satunya lagi diluruskan keluar, telapak kaki menghadap ke kanan atas , jari-jarinya dan pergelangan kaki dalam posisi relaks.  Pelan-pelan menyandar ke depan dan telapak kaki menginjak. Ulangi dang anti dengan kaki sebelahnya.
4.        Quadriceps Muscle Stretch. While standing, hold top of foot with opposite hand and gently pull heel toward buttocks. (Repeat with opposite leg.)
Peregangan Otot Dada. Pada saat berdiri, pegang bagian atas dari telapak kaki dengan tangan menyilang dan pelan-pelang angkat kea rah tumit sampai bokong.
Hold each stretch briefly, then release. Never stretch to the point of pain.
Tahan setiap peregangan secara singkat kemudian lepas. Jangan meregang ke pusat dari sakit.

Symptoms (Gejala)
Kram otot dapat menyebabkan sakit ringan sampai ke sangat sakit. Otot yang kram berasa sakit jika di sentuh dan kram dapat berlangsung beberapa detik sampai 15 menit atau lebih dan bisa terjadi beberapa kali.
  • Berhenti melakukan aktivitas apa saja yang dapat menyebabkan kram
  • Pelan-pelan regang dan urut otot yang kram, tetap tahan dalam posisi meregang sampai kram-nya berhenti.
  • Lakukan pemanasan untuk mengencangkan otot.
When to see a doctor
Kram Otot biasanya menghilang dengan sendirinya dan jarang sekali membutuhkan penangan medis yang serius. Namun demikian, jika anda sering mengalami dan beberapa kali kram otot atau kram otot anda menggangu tidur anda, pergilah ke dokter.

No comments:

Post a Comment