Monday, August 8, 2011

RS Jantung Pertama di Makassar

Tingginya angka penderita penyakit jantung di Makassar membuat group Rumah Sakit Awal Bros mendirikan sebuah RS di kota angin mammiri. Peresmian RS bertaraf internasional itu dilakukan Senin (25/07) di Jalan Urip Sumoharjo No 34 Makassar.


Direktur Umum RS Awal Bros Makassar Victor Trigno mengatakan RS tersebut akan menjadi pusat rujukan pertama di Indonesia Timur. Pasalnya RS di wilayah timur Indonesia belum ada yang memeiliki peralatan lengkap untuk penanganan jantung. " Kehadiran kita melengkapi sistem pelayanan kesehatan," ungkapnya.
Ia menambahkan dari hasil survei Dinas Kesehatan yang menemukan penderita jantung sampai 6 persen. Angka itu cukup tinggi dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia." Bahkan secara nasional untuk kota besar, angka itu tertinggi," pungkasnya.

RS tersebut memiliki keunggulan karena terdapat Cardiovascular Center. Sehingga penanganan jantung tak perlu ke Jakarta ataupun ke luar negeri. Soalnya para ahli jantung ada di RS tersebut. " Pasien bisa bisa pasang cincin kalau ada pembuluh darah menyempit," jelasnya.
Dengan begitu semua penanganan yang dilakukan di Jakarta sekarang ada di Makassar.

Peresmian yang dihadiri oleh Mantan wakil Presiden RI Jusif Kalla, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin berlangusung meriah. Kalla yang memberikan sambutan mengrikit perilaku dokter Indonesia yang seringkali bermain dengan perusahaan obat. Misalnya dalam hal obat yang digunakan oleh setiap pasien. Biasanya kata Kalla para dokter memberikan resep dan obat yang mahal. " Sehingga mereka bisa jalan-jalan di akhir tahun," ujarnya

Ia juga mengingatkan agar para pasien tak usah berobat ke luar negeri. Pasalnya fasilitas yang ada di dalam negeri bisa juga bersaing dengan RS di luar negeri. Misalnya di Singapura. Meski demikian Kalla menghimbau agar para dokter tetap meningkatkan kualitasnya. Sebab kalau tidak belajar dan kualitas mereka menurun. Pasien akan memilih RS di luar negeri.

No comments:

Post a Comment