Sunday, August 14, 2011

FASILITAS PENUNJANG MEDIS

CT SCAN
X-ray computed tomography (CT) adalah metode pencitraan medis menggunakan tomografi yang diciptakan oleh pemrosesan komputer melalui pengolahan geometri digital digunakan untuk menghasilkan gambar tiga dimensi bagian dalam sebuah objek dari serangkaian besar dua-dimensi X-ray yang diambil sekitar sumbu rotasi tunggal. CT menghasilkan volume data yang dapat dimanipulasi, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai "windowing", untuk menunjukkan berbagai struktur tubuh berdasarkan kemampuan mereka untuk memblokir X-ray. Meskipun secara historis gambar yang dihasilkan berada di pesawat aksial atau transversal, ortogonal terhadap sumbu panjang tubuh, scanner modern memungkinkan ini volume data yang akan diformat ulang dalam berbagai bidang atau bahkan sebagai volumetrik (3D) representasi dari struktur. Meskipun paling umum dalam kedokteran, CT juga digunakan dalam bidang lain, seperti pengujian bahan tak rusak semacam fosil dan spesimen bersejarah lain (contoh: pencitraan isi sarkofagus) oleh University of Austin, Texas.
Image
X-Ray Konvensional
Alat deteksi kelainan pada organ paru, tulang dan organ-organ lain
Image
Treadmil
Alat deteksi dini kelainan jantung dan pembuluh darah. Treadmill adalah mesin latihan untuk berlari atau berjalan selama tinggal di satu tempat. Kata treadmill tradisional mengacu pada jenis pabrik yang dioperasikan oleh seseorang atau binatang dengan melangkah atau menapaki roda untuk menggiling biji-bijian. Mesin ini menyediakan platform bergerak dengan ban berjalan yang luas dan sebuah motor listrik atau roda. Sabuk bergerak ke belakang yang memungkinkan seseorang untuk berjalan atau menjalankan kecepatan, sama, dan tentu berlawanan. Kecepatan berjalan atau berlari dapat dikontrol dan diukur.
Image
USG 4 Dimensi
Ini adalah alat deteksi dini modern untuk mengetahui kelainan pertumbuhan dan perkembangan janin secara akurat. Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Sonografi obstetrik biasa digunakan ketika masa kehamilan.
Pilihan frekuensi menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 megahertz. Sedangkan dalam fisika istilah "suara ultra" termasuk ke seluruh energi akustik dengan sebuah frekuensi di atas pendengaran manusia (20.000 Hertz), penggunaan umumnya dalam penggambaran medis melibatkan sekelompok frekuensi yang ratusan kali lebih tinggi.
Image


OAE
Alat diagnostik untuk mendeteksi dini gangguan pendengaran dan screening sampai rumah siput pada bayi serta anak-anak.
Image



Endoskopi THT
Alat deteksi modern kelainan pada daerah THT
Image



BERA
Alat diagnostik canggih untuk mendeteksi dini gangguan pendengaran dan screening sampai batang otak pada bayi serta anak-anak
Image



Panoramik
Alat deteksi kelainan gigi secara keseluruhan
Image



EMG (Pemeriksaan diagnostik electromyography)
Alat deteksi dini digital kelainan otot-otot, pemeriksaan syaraf tepi, tulang belakang, pendengaran dan penglihatan
Image
Mammography
Mammography adalah proses menggunakan energi rendah sinar-X (biasanya sekitar 30 kVp) untuk memeriksa payudara manusia dan digunakan sebagai diagnostik dan alat skrining. Tujuan dari mammography adalah deteksi dini kanker payudara, biasanya melalui deteksi massa karakteristik dan / atau microcalcifications. Mammography diyakini mengurangi angka kematian dari kanker payudara. Saat ini, kesadaran adanya perubahan pada payudara dan pemeriksaan dokter dianggap bagian penting dari perawatan payudara secara teratur.
Image
Endoskopi
Endoskopi berarti melihat ke dalam dan biasanya mengacu untuk mencari di dalam tubuh untuk alasan medis menggunakan endoskop *alat yang digunakan untuk memeriksa interior sebuah organ berongga atau rongga tubuh, biasanya dilakukan pada saluran cerna). Tidak seperti sebagian besar perangkat pencitraan medis lainnya, endoskopi dimasukkan langsung ke dalam organ. Endoskopi juga dapat merujuk untuk menggunakan borescope dalam situasi teknis di mana garis langsung-sight observation- tidak mampu dilakukan.
Image
Klinik Gigi & Mulut Terpadu

No comments:

Post a Comment