Sunday, August 7, 2011

Fasilitas Intervensi Jantung Awal Bros Makassar

RS Awal Bros Makassar mampu melakukan tindakan intervensi ke jantung yang meliputi berbagai macam tindakan, mulai dari Kateterisasi Jantung untuk diagnosis penyakit jantung, membuka penyempitan pembuluh darah koroner dengan balon, pemasangan stent, pengikisan Plak Aterosklerosis (Rotablasi) sampai membuka penyempitan katup jantung. Semua tindakan ini dapat dilaksanakan dengan telah tersedianya peralatan angiografi yang menghasilkan gambar pembuluh darah jantung dengan jelas.

Sejak berdiri 8 April 2011 RS Awal Bros Makassar telah memiliki fasilitas unggulan yang jarang dimiliki oleh rumah sakit lain, yakni fasilitas dalam intervensi jantung, baik dalam proses diagnosa maupun tindakan.
Mengapa ‘penyakit jantung’ dipilih sebagai kekuatan fasilitas RS Awal Bros Makassar? Manajer Pelayanan Medik RS Awal Bros Makassar, menjelaskan bahwa karena kehandalan SDM, khususnya dokter spesialis jantung yang mempunyai ketrampilan tinggi dan pengalaman yang sangat banyak dalam melakukan intervensi jantung. Hal lain, factor epidemiologi dimana jumlah kasus jantung akan terus meningkat dan menempatkannya dalam posisi pertama penyebab kematian. Peningkatan jumlah kasus ini sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan dan pola hidup orang kota.

“Ini kekuatan kami dalam penanganan pasien-pasien jantung, dan dengan melihat perkembangan kota besar seperti Jakarta, yang akan sangar menonjol adalah kasus jantung. Pangsa pasarnya memang ada, sementara rumah sakit yang mengembangkan itu tidak banyak."
Berkaitan dengan penyakit jantung, RS Medistra mampu melakukan Percutaneus Cardiac Intervention (PCI), yakni intervensi ke jantung dengan berbagai macam tindakan guna mengobati penyakit ini.

Ada beberapa PCI yang dapat dilakukan antara lain: Percutaneus Transluminal Coronari Angioplasthy (PTCA), PTCA dan Stenting, Percutaneus Transluminal Coronari Rotational Aterectomi (PTCRA), tindakan pengikisan plak atau arteroklerosis (terdapat di pembuluh darah koroner) penyebab penyakit jantung koroner dengan cara memasukkan semacam bor yang berputar dengan RPM tinggi. Kemudian Percutaneus Transluminal Coronari Directional Aterectomi (PTCDA), pengangkatan arteroklerosis dengan cara me-‘ngerok’-nya.

           
Cath Lab - Angiography  
 
Tindakan lainnya seperti Balon Mitral Valvulo Plasti, yakni tindakan membuka katup jantung yang melekat akibat adanya suatu infeksi. Atrial Septal Defect (ASD) closure, menutup katup jantung yang mengalami kebocoran (akibat suatu kelainan bawaan ) dengan menggunakan alat yang menyerupai payung, juga dapat dilakukan di RS Awal Bros Makassar.

RS RS Awal Bros Makassar juga menyediakan alat-alat canggih yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti, alat intravascular ultrasound, yakni semacam USG yang sangat kecil sehingga dapat dimasukkan melalui pembuluh darah koroner guna mendeteksi plak. Dengan mengetahui morfologi dari plak dapat ditentukan tindakan pengobatan yang paling tepat.

RS RS Awal Bros Makassar juga memiliki alat Cath Lab (ENOVA) dari General Electric, yang berfungsi untuk melihat gambaran pembuluh darah koroner secara menyeluruh dan untuk selanjutnya dilakukan tindakan intervensi jika terjadi penyempitan pada pembuluh darah itu. Keistimewaan alat ini memiliki resolusi yang tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan cukup baik. Begitu juga rendahnya tingkat radiasi sinar X serta dapat digunakan untuk melakukan kateterisasi dengan berbagai posisi makin menambah daftar keistimewaan alat ini. 

No comments:

Post a Comment