Friday, June 22, 2012

Penyebab Osteoporosis : Faktor Genetik dan Gaya Hidup



Penyebab osteoporosis dapat terjadi mulai dari genetik (dalam) hingga pengaruh gaya hidup (luar). Untuk penyebab osteoporosis karena faktor genetik tidak dapat diubah sebab merupakan bawaan dari lahir, sedangkan penyebab osteoporosis akibat pengaruh gaya hisup merupakan faktor yang dapat diubah. Faktor genetik penyebab osteoporosis anatara lain riwayat keluarga, jenis kelamin, usia dan etnis, sedangkan faktor pengaruh gaya hidup antara lain seperti asupan nutrisi, olahraga yang teratur, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Kenapa riwayat keluarga menjadi salah satu penyebab osteoporosis? Jika seseorang memiliki salah satu anggota keluarga dengan riwayat osteoporosis maka mereka tergolong beresiko. Faktor jenis kelamin juga tak kalah pentingnya, menurut penelitian perempuan lebih mungkin untuk mengembangkan osteoporosis dibandingkan pria, hal ini erat kaitannya dengan hormon.
Salah satu hormon dominan pada wanita yaitu estrogen sangat erat kaitannya dengan penyebab osteoporosis. Estrogen melindungi tulang, jadi jika seseorang memiliki tingkat estrogen yang rendah, orang tersebut lebih berisiko untuk menderita osteoporosis. Menopause menyebabkan penurunan cepat kadar estrogen. Pada pria hormon yang bekerja seperti halnya estrogen pada wanita disebut hormon tostesteron.
Apakah ada hormon lain yang berpengaruh selain estrogen atau tostesteron? Beberapa hormon lain berperan dalam mengatur kepadatan tulang, termasuk hormon paratiroid. Mereka membantu mengatur seberapa baik seseorang menggunakan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Tapi di lain sisi apabila terlalu banyak hormon paratiroid (hiperparatiroidisme), menyebabkan hilangnya kalsium dalam urin dengan mengorbankan tulang.

 

Menghindari Penyebab Osteoporosis Dengan Mengubah Gaya Hidup

Osteoporosis juga disebabkan oleh faktor-faktor yang sepenuhnya dapat di kendlikan, penyebab osteoporosis ini yang kita sebut pengaruh gaya hidup. Beberapa faktor gaya hidup yang erat kaitannya dengan penyebab osteoporosis antara lain asupan nutrisi, olahraga, kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.
Idealnya setiap hari seseorang harus mendapatkan jumlah yang tepat dari berbagai mineral dan vitamin yang mendorong pertumbuhan tulang. Apa yang di makan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap asupan gizi termasuk kesehatan tulang. Nutrisi penting yang paling penting berperan dalam pembentukan tulang yaitu kalsium dan vitamin D. Adapun vitamin dan mineral lainnya yang ikut berperan penting antara lain fosfor, magnesium, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin B12.

Olahraga rutin akan memperkuat tulang, apalagi jika olahraga yang dilakukan dengan kombinasi latihan beberapa tulang.Seseorang yang tidak berolahraga akan membuat tulang menjadi lemah sehingga kemungkinan osteoporosis semakin tinggi.

Kebiasaan yang sangat erat kaitannya dengan penyebab osteoporosis adalah merokok. Merokok dapat meningkatkan kesempatan untuk menderita osteoporosis dimana beberapa bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuat lebih sulit bagi tubuh untuk menyerap kalsium, belum lagi menghambat kerja hormon estrogen di dalam tubuh. Sama halnya seperti merokok, mengkonsumsi alkoholdapat menurunkan pasokan kalsium dan penurunan kualitas penggunaan kalsium dalam tubuh. Kabar baik di semua ini, di yakini bahwa kesehatan tulang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor gaya hidup, sehingga penyebab osteoporosis dapat dikendalikan.

No comments:

Post a Comment