Friday, June 22, 2012

Manfaat Dan Efek Samping Buah Nanas


Buah Yang bersal dari negara Brasil ini, ternyata dapat tumbuh didaerah tropis, terutama di daerah khatulistiwa. Maka tak heran jika Indonesia yang termasuk di daerah Khatulistiwa, tercetak menjadi urutan pengeksportir nanas ketiga setelah Filipina dan Thailand.

Disamping nanas berpotensi yang sangat besar dan bagus pada pasar, ternyata nanas mempunyai banyak manfaat , walaupun efek sampingnya juga ada.
Buah nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah nanas juga mengandung Kalsium, fosfor, Magnesium, Besi, Natrium, Kalium, Dekstrosa, Sukrosa dan Ensim bromelain.

Bromelain berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan dilambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Beberapa khasiat buah nanas yang telah masak :
1. Anti radang.
2. Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.
3. Mengganggu pertumbuhan sel kanker.
4. Bersifat dingin
5. Peluruh kencing
6. Membersihkan jaringan kulit yang mati
7. Membantu pencernaan makanan dilambung
8. Menghambat penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan Buah nanas :
1. air perasan (jus) nanas : Cacingan , radang tenggorokan, beri-beri, menurunkan berat badan, masalah pencernaan.
2. daun nanas (cuci bersih, tumbuk,balurkan pada yang sakit) : untuk bisul,luka bakar dan gatal.
3. 1/4 buah nanas masak, (kupas kulitnya,parut, lalu peras dan saring. tambahkan perasan 1 jeruk nipis, dan aduk sampai rata). : Untuk ketombe dengan menoleskan ramuan ini kekulit kepala, sewaktu malam hari sebelum tidur, lakukan ini berturut-turut, 2-3 kali dalam seminggu.
4. buah nanas (campurkan jus nanas dan santan kedalam mangkuk kecil, lalu aduk rata dan buat maskeran diwajah menggunakan kapas, biarkan selama 20 menit sampai mengering sendiri, dan bilas dengan air bersih dan keringkan) : Untuk kulit wajah halus dan cerah , lakukan dengan teratur 2 kali dalam seminggu.
5. buah nanas (buah nanas yang sudah masak, diparut dan digosok kewajah) : Untuk kulit bersisik, dan mengelupas. Lakukan setiap hari setiap malam sebelum tidur.
6. Air perasan 3 nanas: Untuk Sembelit (cari buah yang belum terlalu matang dan berasa sedikit asam, diparut dan diperas dan diminum.

Efek Samping Buah Nanas :
1.Nanas muda sebagai abortivum, bisa menggugurkan kandungan. Dapat digunakan untuk memperlancar haid, untuk itu ibu hamil muda dilarang makan nanas muda.
2. Memicu rematik. Didalam saluran cerna buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Makanya untuk yang mempunyai penyakit rematik dan radang sendi dilarang mengonsumsi nanas.
3. Mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Untuk itu penderita diabetes membatasi mengonsumsi buah nanas ini secara berlebihan.
4. Terasa gatal sehabis makan nanas. ini bisa diatasi dengan merendam nanas segar kedalam larutan air garam.
Itulah beberapa manfaat dan efek samping dari buah Nanas, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment