Friday, June 22, 2012

Alternatif Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Berbagai jalan telah ditempuh kaum wanita untuk mencari cara menghilangkan bekas jerawat yang notabene sulit untuk dihilangkan. Butuh waktu lama dan kesabaran untuk menghilangkann noda hitam atau kemerahan akibat jerawat, bahkan tidak jarang timbul bopeng pada wajah karena jerawat. Kecantikan sekaligus kesehatan wajah seorang wanita selalu menjadi hambatan untuk tampil percaya diri di hadapan orang lain. Tentunya sebisa mungkin mencegah terjadinya jerawat pada wajah, namun bila upaya pencegahan telah ditempuh tetapi masih juga muncul bintil-bintil jerawat maka hal yang perlu diperhatikan adalah munculnya bekas jerawat.

Apa Sih Jerawat Itu

Jerawat adalah suatu keradangan pada kulit yang disebabkan karena tersumbatnya pori-pori kulit sehingga terdapat kantung nanah yang muncul dari pemukaan kulit. Mekanisme dari terjadinya jerawat diawali ketika adanya ketidakseimbangan produksi minyak dengan jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit. Ketika jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea pada lapisan dermal dalam kulit sangat banyak, sedangkan pengeluaran minyak dari kulit sedikit maka akan terjadi penumpukan, pengerasan, dan penyumbatan minyak. Hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab infeksi peradangan pada kulit sehingga timbulah tonjolan jerawat dari permukaan kulit. Jerawat ini umumnya timbul saat masa pubertas, pada wanita munculnya jerawat lebih dini dibanding laki-laki karena masa pubertas wanita lebih awal. Faktor yang memicu jerawat ini juga bisa karena jenis kulit, karena itu seseorang dengan jenis kulit yang berminyak sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan kulit wajah. Begitu jerawat timbul dan mengakibatkan bekas pada wajah, karena itu dalam pembahasan selanjutnya akan diulas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Berbagai metode telah ditempuh bagi kaum hawa untuk menghilangkan bekas jerawat. Kosmetik modern yang dibuat dengan teknologi tinggi dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat, bahkan saat ini ada metode kedokteran yang menggunakan teknologi laser yang dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat tercepat. Namun tentunya cara-cara tersebut membutuhkan biaya yang cukup mahal. Disinilah peran dari pengobatan tradisional yang murah dan mudah untuk menghilangkan bekas jerawat. Buah yang dapat dijadikan masker seperti tomat, dapat dilakukan dengan memotong tomat menjadi lempengan yang nantinya ditempel pada bekas jerawat. 

Kandungan tomat dipercaya dapat mengurangi bekas jerawat secara berangsur-angsur. Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, memiliki manfaat mempercepat kesembuhan dan anti inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi bercak kemerahan akibat jerawat. Selain itu ramuan blimbing wuluh yang ditumbuk hingga menjadi seperti bubur dan dicampur dengan garam dapat dijadikan masker yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.

Tentunya seperti ungkapan yang sering kita dengar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan terjadinya jerawat dapat lebih mudah untuk dilakukan dengan mengetahui tipe kulit wajah. Tipe kulit dapat dibedakan menjadi tiga golongan diantaranya kulit berminyak, kulit kering, dan kulit normal. Pemberian perlakuan pada wajah harus disesuaikan dengan tipe-tipe kulit tersebut agar tidak mempeburuk kondisi wajah begitu pula dengan cara menghilangkan bekas jerawat.

No comments:

Post a Comment