Monday, June 4, 2012

Dampak High Heels Bagi Kesehatan


Sepatu berhak tinggi atau lebih dikenal dengan sebutan high heels kini bermunculan dengan model yang beraneka ragam dan dengan ketinggian serta ketebalan yang bervariasi, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Pada umumnya, para wanita jaman sekarang lebih menyukai memakai high heels, selain mengikuti tren, dan tampil lebih modis, High Heels juga membantu mereka yang merasa tinggi badannya kurang ideal karena dengan menggunakan High Heels mereka tampak lebih tinggi dengan Heels, sehingga tidak jarang wanita yang menolak memakai high heels demi penampilan yang ideal.

Ternyata pemakaian high heels tidaklah sepenuhnya aman. Selain bisa menyebabkan kaki terasa pegal, ada efek-efek lain yang ternyata bahaya bagi kesehatan.

Pada saat wanita menggunakan sepatu high heel, wanita tersebut akan menaruh beban berat badannya bukan lagi pada kedua tumitnya namun keseluruhan berat badannya akan diletakkan pada persendian lutut karena wanita tersebut berdiri dalam kondisi jinjit pada saat menggunakan sepatu high heel. Penggunaan sepatu high heel dalam waktu jangka akan menyebabkan berbagai masalah diantaraya adalah:

1. Radang sendi lutut

Akibat beban berat badan yang ditumpu oleh sendi lutut pada saat menggunakan sepatu high heel, hal ini dikarenakan ausnya tulang rawan yang terdapat pada persendian lutut sebagai akibat pemberian beban terus-menerus.

knee-osteoarthritis.gif
Radang sendi pada lutut

2. Gangguan persendian tulang telapak kaki

Penggunaan sepatu high heel terutama yang sempit akan membuat gangguan pada persendian tulang-tulang yang terdapat pada telapak kaki. Selain itu juga pemakaian high heel dalam waktu lama akan menimbulkan kelainan penulangan (kalus) pada pangkal jempol kaki.

calus.jpg
Pembentukan kalus pada pengguna high heel

3. Kram otot betis

Pada saat wanita menggunakan sepatu high heel tentunya otot betis akan dipergunakan secara terus menerus untuk menahan keseimbangan badan, sehingga tentunya hal ini akan menyebabkan kram pada otot betis.

1228204163.jpg
Nyeri betis pada wanita bisa diakibatkan sebagai penggunaan high heel

4. Nyeri punggung bawah

Tak heran bila beberapa wanita karir banyak menemui dokter dengan keluhan utama, nyeri pada punggung bawah. Hal ini sebagai akibat pemindahan beban dan kebiasaan jalan yang tidak lazim pada saat penggunaan sepatu high heel. Hal ini bisa diakibatkan sebagai gangguan dari persarafan, otot, bahkan tulang belakang.

bigstockphoto_Lower_Back_Pain_517567.jpg
Nyeri punggung bawah bisa disebabkan oleh penggunaan high heel dalam jangka waktu panjang

Kini saatnya Anda lebih berhati-hati dan bijaksana dalam memilih dan memakai jenis sepatu. Pastikan sepatu yang Anda gunakan tidak hanya memperindah postur tubuh Anda, tetapi yang lebih penting adalah nyaman di kaki dan tidak berbahaya bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment