Tuesday, April 24, 2012

Kopi : Manfaatnya untuk Kesehatan


Meminum kopi belakangan telah menjadi gaya hidup tersendiri mengingat semakin banyaknya coffee shop yang menjamur terutama di kota-kota besar. Terlalu banyak minum kopi tentu tidak baik untuk kesehatan, bahkan selama ini kandungan kopi juga seringkali dianggap negatif bagi kesehatan.

Tetapi tahukah Anda bahwa kopi memiliki banyak manfaat juga? Ternyata biji kopi mengandung banyak senyawa yang efektif sebagai antioksidan yang mampu membasmi radikal bebas. Kopi pun dapat membantu memperoleh cukup mineral dan vitamin serta mengandung molekul antikanker.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain kopi, di antaranya :


  • Membantu mendetoks tubuh, karena kopi bersifat diuretic dan laksatif yang mampu membuang senyawa yang berbahaya dan tidak sehat bagi tubuh.
  • Mengurangi resiko penyakit batu empedu, karena sifat diuretiknya kopi dapat mencegah pengerasan atau pengapuran cairan di kandung empedu.
  • Mencegah diabetes tipe 2, karena kombinasi magnesium dan kromium dalam kopi bisa membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif.
  • Konsumsi kopi 1 jam sebelum berolahraga bisa mengurangi nyeri otot hingga 48%. Kafein dalam kopi berfungsi meningkatkan ketahanan. Kafein ini pun mampu menyegarkan dan memberi energi bagi peminumnya, karena kafein mampu merangsang sistem saraf pusat sehingga meningkatkan kewaspadaan (alertness).

Agar khasiat kopi sesuai dengan yang Anda harapkan, konsumsilah pada waktu yang tepat dan pada porsi yang tepat. Pagi hari pukul 7-9, atau siang hari pukul 12 dan sore hari pukul 3, merupakan pilihan waktu yang dianjurkan. Karena di waktu-waktu tersebut tubuh Anda sedang membutuhkan kopi sebagai sumber energi tambahan. Minum kopi pun tidak boleh lebih dari 2-4 cangkir sehari. Bagi penderita maag kronis, ibu hamil dan orang dalam masa pengobatan, kopi pun harus dihindari. Sebagai tips tambahan, minumlah 3 gelas air putih setelah meminum secangkir kopi agar Anda tidak dehidrasi.

No comments:

Post a Comment