Tuesday, April 24, 2012

Kolesterol Jahat : Cegah dengan Makanan Sehat

Kolesterol Jahat : Cegah dengan Makanan Sehat 

Pola hidup sehat dapat dimulai dengan pemilihan makanan yang tepat. beberapa jenis makanan/minuman di bawah ini adalah makanan yang mampu melindungi Anda dari kolesterol jahat. Apa sajakah itu?

Alpukat
Sebuah alpukat mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Kandungan betasitosterolnya juga mampu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Bawang putih
Menurut penelitian, konsumsi 2-4 siung bawang putih segar tiap hari ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah, serta melindungi tubuh dari infeksi.

Kacang-kacangan
Kacang memiliki jenis serat yang mudah larut, oleh karena itulah kacang mampu membantu turunkan kolesterol jika Anda mengkonsumsi 25-30 gram segala jenis kacang-kacangan setiap harinya.

Coklat
Konsumsi 1 ons cokelat setiap hari dipercaya akan meningkatkan kolesterol HDL dan mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Kedelai
Kandungan isoflavon dalam produk berbahan dasar kedelai (susu kedelai, tahu, tempe) dapat membantu turunkan LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Konsumsilah minimal 25 gram protein kedelai setiap harinya untuk hasil maksimal.

Margarin/mentega
Kadar kolesterol total dan LDL dapat diturunkan oleh margarin yang terbuat dari sterol tumbuhan ini.

Salmon
Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon akan menurunkan kolesterol jahat LDL, trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

Teh
Teh yang mengandung flavonoid (antioksidan utama) terbukti mampu mencegah terjadinya oksidasi LDL yang dapat membentuk plak pada dinding arteri. Minumlah secangkir teh setiap hari untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Let's eat! (

No comments:

Post a Comment