Monday, November 7, 2011

HIV atau Penyakit AIDS


HIV (human immunodeficiency virus) adalah retrovirus. HIV merupakan anggota dari genus lentivirus, bagian dari keluarga retroviridae yang ditandai dengan periode latensi yang panjang dan sebuah sampul lipid dari sel-host awal yang mengelilingi sebuah pusat protein/RNA. HIV dapat menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia terutama Sel T CD4+ dan makrofaga, komponen vital dari sistem kekebalan tubuh hingga menghancurkan atau merusak fungsi sistem kekebalan tubuh. Infeksi dari HIV menyebabkan penurunan cepat pada sistem kekebalan tubuh, yang mengakibatkan kekurangan imun. Jadi HIV merupakan penyebab dasar penyakit AIDS.


Dua spesies HIV menginfeksi manusia: HIV-1 dan HIV-2. HIV-1 adalah yang lebih "virulent" dan lebih mudah menular, dan merupakan sumber dari kebanyakan infeksi HIV di seluruh dunia; HIV-2 kebanyakan masih terkurung di Afrika barat (Reeves and Doms, 2002). Kedua spesies berawal di Afrika barat dan tengah, melompat dari primata ke manusia dalam sebuah proses yang dikenal sebagai zoonosis.

Penularan HIV bisa melalui hubungan kelamin dan hubungan seks oral, atau melalui anus, transfusi darah, penggunaan bersama jarum yang terkontaminasi melalui injeksi atau suntikan, dan antara ibu dan bayinya selama masa hamil serta kelahiran dan masa menyusui.




No comments:

Post a Comment