Sunday, September 25, 2011

APAKAH HERNIA ITU ?

 
Hernia merupakan protusi atau penonjolan isi suatu rongga melalui defekatau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Pada Hernia abdomen, isi perut menonjol melalui defek atau bagian lemah dari lapisan muskulo-aponeurotik dinding perut. Hernia terdiri dari cincin, kantong dan isi her-nia. Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas Hernia Bawaan atau Kongenital dan Hernia Dapatan atau Akuisita.
Menurut letaknya hernia di beri nama seperti Diafragma, Ingunal, Umbilikal Femoral. (* acquisitus=didapat). Menurut sifatnya, bila isi hernia dapat keluar masuk maka disebut Hernia Reponibel dengan tanda-tanda, usus keluar jika berdiri atau mengedan dan masuk kembali jika berbaring atau didorong masuk. Hernia ini tidak mera-sakan rasa atau keluhan nyeri atau gejala Obstuksi Usus. Namun bila isi kan-tong hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga maka disebut HerniaIreponiobel. Untuk jenis Hernia Akreta disebabkan perlekatan isi kantong pada peritoneum Kantong Hernia. Tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus.

Hernia Inkarserata atau Strangulata berarti isi kantong terperangkap tidak dapat kembali ke dalam rongga perut disertai akibatnyayang berupa gangguan pasase atau vaskularisasi. Seseorang dapat mengenal ciri-ciri hernia dengan cara meraba adanya ton-jolan di selangkangan. Tonjolan itu bisa muncul sewaktu-waktu bila ada tekanan dari dalam rongga perut meningkat, misal saat mengangkat barangberat.Pada awalnya tonjolan itubisa masuk kembali setelah sesaat berbaring, namun itu akan muncul kembali pada saa-saat tekanan dirongga perut meningkat. Semakin sering muncul-nya tonjolan itu akan se-makin besar ukurannya,yang berarti makin lemahnya dinding perut dan semakin banyak isi perut yang ikut keluar. Dengan semakin besar ukurannya itu mungkin tidak bisa spontan masuk dengan sendirinya dan harus dibantu dengan jari, tahap yang demikian itu memang belum tergolong berat.

No comments:

Post a Comment