Friday, September 20, 2013

Kenapa Ingin Makanan Manis pada Jam 4 Sore?

Kenapa Ingin Makanan Manis pada Jam 4 Sore?

Bagi kebanyakan orang, sore hari adalah saat untuk minum teh. Karena itulah disebut "tea time". Kira-kira pukul empat, orang mulai mencari-cari teh manis dan makanan kecil lainnya agar sisa hari itu bisa tuntas terlewati.

Namun, kenapa keingingan mengudap makanan manis itu kerap datang sekitar jam 4 sore? Tentu saja, Anda yang berniat menurunkan berat badan bakal kacau kalau menuruti keinginan itu.
Ahli Gizi Lorna Driver-Davies dari Nutri Centre Nutritional Therapist serta Ahli Gizi terkemuka di Inggris dr Marilyn Glenville PhD, membantu menjelaskan fenomena makan di pukul 4 sore.
Menurut Lorna, ketika lelah, kita cenderung membuat sedikit pilihan makanan dan cenderung lebih menginginkan makanan manis agar cepat gembira.
"Ini bisa terjadi dan paling sering pada sore hari ketika tingkat kortisol (hormon yang diproduksi otak untuk merespons stres dan kecemasan) turun secara alami. Saat itu, kita mungkin merasa lebih lelah karena kortisol biasanya membuat kita merasa berenergi," katanya.

Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan seperti dikutip FemaleFirst, Selasa (2/4/2013):

1. Menambah gula

Menurut Lorna, manusia tak perlu merasa bersalah ketika makan sebatang cokelat. Menginginkan terus menerus makanan manis sangat terkait dengan tidak seimbangnya gula dalam darah. Tapi kalau sekali-sekali tidak masalah.
"Jika gula darah Anda naik dan turun sepanjang hari, ini mempengaruhi pilihan makanan Anda".
Marilyn menjelaskan, makin meningkat gula darah (glukosa) kita, meningkat pula respons terhadap makanan.
Semakin tinggi dan cepat naik, maka semakin banyak insulin yang harus diproduksi pankreas. Dengan tingginya gula darah, maka rasa lelah itu akan berkurang. Kalau dibiarkan, rasa lelah itu akan tetap mengganggu Anda lebih dari tiga jam di antara makan jam makan utama.
Untuk cepat memperbaikinya, Anda membutuhkan sebatang cokelat atau secangkir teh dan biskuit agar gula darah Anda meningkat lagi.

2. Gula darah meningkat tajam

Fluktuasi kadar glukosa bisa berbahaya bagi kesehatan. Ketika naik tajam, glisemik meninggi dan yang terendah tak bagus untuk kesehatan. Semakin lama, semakin banyak insulin yang diproduksi pankreas, namun reseptor insulin dalam sel Anda tak merespons secara efektif sehingga ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.

3. Gula darah ingin turun?

Cobalah mengonsumsi suplemen atau makanan tambahan yang bisa membantu menaikkan kadar gula darah Anda.
4. Bantuan tidur
"Jika Anda tidur 8 jam, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik bangun lebih segar yang membuat Anda merasa kurang lelah di sore hari. Jadi penting untuk menghindari tidur larut malam sehingga bangunnya akan lelah.
Selain itu, penelitian menunjukkan kalau kurang tidur, maka hormon leptin yang dihasilkan berkurang. "Dengan kurangnya leptin, kita bisa merasakan lapar karena leptin yang terlibat dalam nafsu makan.
Marilyn menyarankan seks dan magnesium bagus untuk tidur malam yang baik. "Magnesium dikenal sebagai obat penenang alami dan bisa membantu masalah tidur. Selain itu, seks bisa membantu Anda tidur dengan santai dan melepaskan ketegangan".
5. Rutin sarapan
Sarapan yang sehat mengandung protein serta karbohidrat, dan mengombinasikan dengan sayuran sepanjang hari akan mendukung aliran gula darah.
"Ini berarti, pada saat pukul 16.00, gula darah Anda seharusnya tak turun begitu banyak yang membuat Anda membutuhkan gula dengan cepat untuk memperbaikinya. Ikan asap, salad, dan beras merah untuk makan siang dan kacang dengan buah untuk makanan ringan yang membantu menjaga orang mengidap makan di sore hari," ujar Lorna.

6. Makan untuk berpikir

Emosi dan suasana hati berperan dalam mengidam makanan manis. Lorna memberitahukan bagaimana dopamin merupakan neurotransmitter yang membantu mengontrol rasa senang dan mood di pusat otak.
"Kadarnya bisa berfluktuasi sepanjang hari tetapi ketika ingin makanan manis, kue, biskuit, kopi, teh, bahkan rokok ini menjadi indikasi kalau tingkat dopamin telah berkurang," ujar Lorna.
"Jika Anda mengonsumsi makanan manis seperti cokelat, dopamin akan ditinggikan untuk waktu singkat tapi segera turun setelah itu, Anda akan mencoba 'memperbaiki'dopamin, yang berarti lebih banyak cokelat atau makanan manis lainnya".
7. Kekang mengidam makanan dengan tips Lorna
  • Cobalah berada di tempat tidur 22.00 dan tidur jam 23.00. Kortisol mungkin lebih baik diatur sepanjang hari jika Anda ke tempat tidur sebelum tengah malam.
  • Jangan gunakan komputer, tablet, atau lampu layar ponsel yang terang setelah jam 22.00, karena lampu biru dari peralatan itu bisa mengganggu, menghilangkan hormon melatonin yang diperlukan untuk membantu kita merasa mengantuk.
  • Makan segenggam kacang di sore hari sebagai simpanan protein yang diperlukan untuk produksi neurotransmiter seperti dopamin.
  • Pastikan Anda makan protein saat sarapan, seperti telur di roti gandum sehingga bisa mengaktifkan otak dan menciptakan sejumlah bahan kimia yang mendukung suasana hati Anda. (Mel/Abd)

No comments:

Post a Comment