Friday, September 20, 2013

Camilan Sehat di Pagi & Sore Hari



Camilan Pagi
(Pukul 10:00)

Plain/Sugar Free Yogurt
Anda dapat nilai ‘A’ di pelajaran ngemil, jika Anda memilih makanan ini sebagai snack pagi. Rendahnya kandungan indeks glisemik dalam yoghurt bisa membuat Anda terhindar untuk makan dalam porsi banyak.

Pisang
Ini pilihan ngemil yang ideal, karena buah ini kaya serat. Kandungan gula pada pisang tergolong rendah, begitu pula melon, pepaya, dan jambu. Apel dan pear biasanya jadi pilihan favorit dalam program penurunan berat badan. Tapi, tahukah Anda, pisanglah yang tetap jadi juaranya. Karena, pisang kaya potasium. Inilah zat yang membantu menjaga tingkat tekanan darah normal, membantu kesehatan otot, termasuk mencegah kram otot, dan sumber energi yang sangat baik. Pisang juga mudah dicerna oleh tubuh.

Sup Sayuran
Semua sup dengan kaldu bening selalu menjadi pilihan yang baik dibandingkan sup yang berkrim. Tapi, perhatikan kandungan garamnya, jangan terlalu berlebihan. Satu mangkuk kecil (sekitar 250 cc) sup berisi wortel, kentang, kacang merah, dan bawang daun menyimpan 200 Kkal, dan merupakan sumber energi dan gizi yang sempurna. Emilia mengungkapkan, penelitian terakhir yang dilakukan di Inggris menunjukkan, sup berkuah kaldu bening bersama sayurannya efektif mempertahankan rasa kenyang.

Biskuit Gandum  
Kandungan serat pada kebanyakan biskuit gandum cukup tinggi, tapi kita sering malas memakannya karena tawar banget rasanya. Agar terasa enak,  tambahkan saja sedikit krim keju. Jika Anda punya riwayat hipertensi yang harus menghindari garam, Anda harus memilih keju tawar. Pada dasarnya, keju tidak akan membuat Anda gemuk, jika dikonsumsi tidak terlalu banyak. Satu biskuit gandum memberi asupan sekitar 20 Kkal per keping, sedangkan fat-free cream cheese memberikan asupan energi sekitar 30 Kkal per sendok. Jadi, sekali ngemil, Anda hanya bisa memakan 4 keping biskuit berkrim keju.

Kacang  
‘Ngidam’ yang renyah-renyah? Kacang adalah alternatif yang cukup baik. Kandungan lemak dan proteinnya lebih aman ketimbang keripik kentang. Tetapi, jangan pilih kacang yang diolah dengan minyak (goreng) dan tinggi kandungan garam. Jangan pula terlalu banyak memakannya. Porsi yang baik adalah satu genggam kecil tangan saja. Alternatif yang lebih baik lagi: camilan buah kering atau pop corn tawar tanpa mentega.

Lemper

Kue basah berbungkus daun pisang berisi ketan dan daging ayam/sapi ini merajai camilan pagi orang Indonesia. ‘Saudara’ lemper, yaitu arem-arem (bedanya, berisi nasi dan terkadang plus oncom), juga amat disukai. Sebenarnya, sih, boleh-boleh saja mengudap penganan ini. Tapi, mau tidak mau, makan siang dan malam Anda harus dikurangi. Karena, ketan dan nasi sudah kaya akan karbohidrat dan berlemak tinggi karena menggunakan santan.

Permen karet
Anda termasuk emotional eater, selalu melampiaskan kekesalan dan stres pekerjaan pada makan? Padahal, yang sebenarnya terjadi, Anda tidak terlalu lapar, tapi mulut ingin mengunyah. Strateginya, sediakan selalu permen karet bebas gula di tas. Makanlah satu bila ‘lapar’ karena stres. Tapi, waspadai, pada beberapa orang, makan permen karet bisa menimbulkan rasa kembung.


Camilan Sore
(16:00)

Telur
Meski sebutir telur dengan ukuran standar beratnya hanya sekitar 50 gram, ia mampu memberikan asupan protein yang lebih besar daripada sepotong daging ayam dengan berat yang sama. Telur rebus tanpa saus atau bumbu berlemak, hanya mengandung sekitar 70 Kkal saja.

Bolu kukus
Ini adalah salah satu jajanan pasar (kue basah) yang baik. Karena, kandungan gulanya lebih sedikit, tidak mengandung santan, tepung terigunya juga relatif sedikit. Dalam memilih jajanan pasar, Anda harus menghindari kue yang terlalu banyak gula atau santan.

Kentang

Kentang adalah pilihan unik, mengandung karbohidrat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, kentang bisa jadi sangat tidak sehat, bila Anda salah mengolahnya. Yang betul, olah kentang dengan cara dipanggang, dibakar, atau dikukus. Jangan bubuhi apa pun, apalagi, saus berlemak. Kulit kentang mengandung vitamin C. Makan kentang dengan kulitnya akan membuat Anda kenyang lebih lama, karena kulit kentang kaya serat.

Cokelat

Jika yang ada di kepala Anda hanya camilan cokelat, Anda boleh saja tidak menahan-nahan keinginan. Syaratnya, paling banyak hanya dua potong kecil dark chocolate. Kalau masih kurang juga, coba potongan kecil milk chocolate. Makan pelan-pelan, hanya sebatas untuk mendapatkan nikmatnya saja.

Kuaci
Ngemil sambil kerja memang asyik, terutama menjelang deadline atau justru sedang bosan duduk di depan komputer sepanjang hari. Daripada mengunyah keripik atau potongan permen cokelat, lebih baik pilih kuaci tawar. Selain kalorinya tidak tinggi, kuaci memiliki kandungan protein yang  baik, serta memiliki kandungan mineral seperti magnesium, seng, dan tembaga yang sangat tinggi. Sama seperti kacang, mengonsumsi kuaci sebagai camilan harus dibatasi satu genggam kecil tangan saja (sekitar 30 gram, 125 Kkal).

Oatmeal
Selain pilihan favorit saat sarapan, oatmeal bisa juga dijadikan camilan. Syaratnya, porsinya kecil saja. Batasi hanya sekitar 50 gr, dan sebaiknya, tambahkan yoghurt. Kombinasi ini akan memberi asupan energi sekitar 185 Kkal, jumlah yang cukup untuk bertahan sampai sebelum makan malam.

No comments:

Post a Comment