Sunday, January 6, 2013

Masalah Kesuburan Pada Pasutri

Banyak orang yang bertanya tentang permasalahan yang mereka alami terkait dengan kesuburan.  Dan Masalah kesuburan memang merupakan hal yang sangat menganggu bahkan bisa mengancam keutuhan rumah tangga. Permasalahan ini terjadi akibat terganggunya sistem reproduksi pada wanita dan menurunnya kualitas sperma pada pria. Seorang peneliti asal Prancis mengungkapkan bahwa kesuburan seorang pria dan kehamilan wanita akan menurun drastis ketika mencapai usia 40 tahun. Penelitian ini dilakukan terhadap 2.000 orang pasang yang secara rutin menjalani tes kesuburan. Dari tes yang dilakukan di dapatkan bahwa kehamilan akan gagal sebanyak 70% pada pasangan suami istri dimana sang pria telah berumur di atas 40 tahun.
Masalah kesuburan atau infertilitas ditegakkan apabila pasangan suami istri yang menikah dalam jangka waktu 2 tahun dan belum juga di berikan momongan padahal mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi. Jika hal ini terjadi, maka jelas terjadi masalah kesuburan yang cukup seriius yang harus segera di konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan terapi untuk penyembuhannya.
Penyebab terjadinya masalah kesuburan sebenarnnya bukan hanya pada wanita melainkan pada kaum pria. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa waitalah yang tidak mempunyai kesuburan yang baik (mandul). Anggapan yang seperti ini adalah salah. Berikut penyebab terjadinya masalah pada kesuburan antara lain :
A.    Penyebab terjadinya masalah kesuburan pada Pria
KelainaGenetik
Meskipun jarang, ketidaksuburan pria dapat disebabkan oleh kelainan genetik seperti cystic fibrosis. Gangguan genetik meliputi kelainan pada kromosom seks, yang terjadi pada sindrom Klinefelter.
Ganguan Hormonal
Gangguan hormonal dapat menghalangi produksi sperma. Untuk merangsan testis dalam menghasilkan sperma maka diperlukan ormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari. Kinrtja testis tidak sempurna apabila jumlah hormon menurun secara signifikan.
Varikokel
Merupakan pelebaran pembuluh darah vena di sekitar buah zakar. Indikasi varikokel adalah terdapatnya benjolan pada bagian atas buah zakar dan biasanya terjadi pada sisi kiri.
Sumbatan Saluran Sperma
Biasanya karena faktor genetik. Selain itu, faktor infeksi juga dapat menyebabkan terjadinya sumbatan saluran sperma. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri melalui hubungan seksual.
Impotensi
Penyakit pembuluh darah seperti aterosklarosis bisa meyebabkan impotensi. Impotensi juga bisa terjadi akabit adanya bekuan darah atau akibat pembedahan pembuluh darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah arteri ke penis. Kerusakan saraf yang menuju dan meninggalkan penis akan mengakibatkan impotensi.
Kebiasaan Merokok
Nikotin membuat darah mengental sehingga tidak bisa beredar dengan lancar, termasuk di pembuluh darah alat kelamin. Akibatnya, terjadi gangguan seksual seperti ejakulasi dini, ereksi tidak sempurna, bahkan impotensi.
Kebiasaan Minum Minuman Beralkohol
Minum alkohol dalam jumlah yang besar dapat menurunkan kadar hormon testoteron sehingga menganggu kadar hormon serta kualitas hormon.
Pengaruh Radiasi
Radiasi yang terpapar dalam tubuh akan mengganggu konsentrasi dan kualitas sperma. Selain itu sperma yang terkena pengaruh radiasi akan memiliki gerakan berenang yang kurang baik yang akan mengurangi kesempatan untuk pembuahan.
Pengaruh Obat
Obat-obatan seperti antibiotik, pereda rasa sakit, obat penenang, dan obat hormonal dapat menurunkan kesuburan pria.

B.     Penyebab terjadinya masalah kesuburan pada wanita
Sumbatan pada saluran telur
Sumbatan saluran telur disebabkan antara lain adanya perlekatan pada sekitar saluran telur, hal ini sebagai akibat dari Infeksi Menular Seksual (IMS) dan radang panggul sehingga menghambat pertemuan sel telur dengan sperma.
Endometriotis
Merupakan sel selaput lendir rahim yang tumbuh pada tempat yang tidak semestinya yaitu di indung telur. Hal ini dapat menimbulkan perlekatan pada sekitar saluran telur atau pada organ reproduksi yang lain.
Kelainan lendir pada leher rahim
Lendir pada leher rahim yang terlalu pekat dapat menghambat laju gerakan sperma. Sedangkan, lendir leher rahim yang terlalu asam dapat mematikan sperma.
Berat badan yang tidak seimbang
Tubuh memerlukan 17 % dari lemak tubuh di awal masa siklus haid, dan 22 % di sepanjang siklus haid. Lemak tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan untuk memproduksi estrogen. Jadi, jika persediaan lemak dalam tubuh tidak memadai akan mempengaruhi terhadap ketidaksuburan seorang wanita.
Faktor Usia
Pada wanita yang memasuki usia 35 tahun, kesuburan akan menurun dan semakin menurun secara drastis di usia 37 tahun sampai akhirnya masuk pada masa menopause yaitu usia 40-45 tahun keatas. Cadangan sel telur akan terus berkurang setiap kali wanita mengalami hais dan lama kelamaan akan habis saat menopause. Sebaliknya, usia tidak membatasi tingkat kesuburan pria karena sel-sel sperma akan terus diproduksi selama anatominya normal.
Perasaan Jenuh atau Stres
Gaya hidup sangat mempengaruhi kejadian infertilitas. Gaya hidup yang serba cepat dan kompetitif rentan membuat seseorang terkena stres. Padahal kondisi jiwa yang penuh gejolak bisa menyebabkan gangguan ovulasi, ganguan spermatogenesis, spase tuba fallopi dan menurunnya frekuensi hubungan suami istri.
Kelainan Mulut Rahim
Mulut rahim yang normal menarah ke depan (antefleksi) sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang vagina. Kondisi inilah yang memungkinkan spermatozoa sampai ke dalam saluran mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dan rongga rahim. Pennyimpangan dari posisi normal seperti retrofleksi (posisi rahim menghadap ke belakang) dapat menghambat terjadinya kehamilan.
Kelainan Rahim
Adanya kelainan rongga rahim karena perlengketan, mioma atau polip, peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim, dapat menganggu transportasi spermatozoa dan dapat berakibat fatal yaitu keguguran/ kematian pada janin.

1 comment:

  1. saya ingin menanyakan brp biaya medical check up infertilitas wanita dan pria di rs. Awal bros makassar?terima kasih

    ReplyDelete