Sunday, December 23, 2012

Penyakit Rematik

Pengertin Penyakit RematikPenyakit Rematik atau biasa dikenal dengan penyakit sendi. Penyakit rematik dalam bahasa dokter disebut Rheumatoid Arthritis ( RA ) yaitu peradangan pada sendi-sendi tulang pada tiap bagian tubuh yang memungkinkan terkena rematik yang disebabkan oleh gangguan autoimun.

Jika sistem kekebalan tubuh terganggu maka akan menganggu autoimun. Sistem kekebalan tubuh berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk menangkal radikal bebas akibat virus, bakteri, racun dan polusi baik dari lingkungan sekitar rumah, kantor atau dari tiap makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. 

Gangguan autoimun selain menyebabkan rematik dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti : penyakit lupus, multiple sclerosis dan diabetes tipe 1. Selain karena adanya gangguan autoimun, pada penyakit rematik terjadi karena terganggunya sistem imun gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga mudah sekali menyerang jaringan tubuh sendiri, khususnya pada jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi-sendi pada tulang dan dapat menyebabkan pembengkakan pada sendi, sering merasa nyeri di persendian tulang, sering kehilangan fungsi dari otot-otot sendi bahkan bisa menimbulkan kecacatan atau stroke ringan.

Penyakit rematik hampir menyerang seluruh bagian sendi pada tulang, seperti sendi pada pergelangan tangan, jari – jari tangan, lutut, engkel kaki atau pergelangan kaki, pinggang, bahu / pundak, leher, tulang belakang, sampai sambungan antar tulang paling kecil bagian dalam seperti telinga. Bahkan ada rematik yang dapat menyerang bagian jantung, paru-paru, pembuluh darah dan kulit, jika pada jantung disebut jantung rematik.

Penyebab Rematik

  • Penyebab Rematik karena Penyakit
Penyebab dari rematik ini bermacam-macam. mulai dari peradangan akibat infeksi, kemudian degeneratif seperti osteoartritis, demam rematik, gangguan metabolik seperti, kelebihan asam urat (gout), sampai dengan penyakit autoimun yang sulit disembuhkan seperti rheumatoid arthritis, spondylitis ankylopoetica yang menyerang tulang belakang, dan penyakit lupus.

Penyakit ini dapat terjadi pada semua kelompok umur, walaupun kecenderungan terkena akan lebih sering pada usia paruh baya ke atas.
  • Penyebab Rematik karena Makanan
Faktor makanan mungkin saja memiliki pengaruh burk terhadap terjadinya dan kekambuhan gangguan rematik ini, seperti terllau banayk makan daging atau jeroan dapatlah memicu serangan rematik gout (kelebihan asam urat).

Memang dianjurkan pola hidup sehat seperti mengurangi makanan berlemak tinggi, protein hewani bagi yang kelebihan asam urat.
Garam bagi yang memiliki tekanan darah tinggi.
Gula bagi yang sakit kencing manis.

Disamping itu, buanglah kebiasaan merokok dan minuman alkohol. Tentunya perlu ditunjang dengan gaya hidup sehat, seperti aktif berolahraga dan menghindari stres yang berlebihan.

Gejala Umum Penyakit Rematik

 

1. Mati rasa atau kesemutan di tangan
Salah satu gejala umum dari penyakit rematik adalah hilangnya rasa atau selalu mengalami kesemutan di pergelangan dan telapak tangan.dan biasanya gejalanya akan makin parah saat malam hari.


2. Sulit sembuh dari cedera
Seringkali Anda mengira mengalami cedera, seperti mata kaki terkilir,keseleo,dll sulit untuk sembuh.awas jangan anggap remeh bisa jadi itu merupakan tanda peringatan bahwa anda terkena penyakit rematik.


3. Masalah kaki/Peradangan pada kaki
Salah satu daerah kaki yang sering dihubungkan dengan rematik adalah peradangan kaki di bagian depan. Gejala ini sering dialami wanita, karena sering memakai sepatu tumit tinggi.yang di mana merupakan gangguan kaki yang disebabkan oleh pembengkakan jaringan di bagian tungkai bawah, dekat tumit.


4. Masalah pada mata
Orang yang mempunyai penyakit rematik bisa berisiko mengalami sindroma Sjogrens, yaitu gangguan autoimun yang menyebabkan kekeringan pada mulut, mata, tenggorokan, hidung, atau kulit. Itu karena peradangan menyebabkan menghentikan kelenjar memproduksi kelembaban alami.


5. Sendi terasa kaku pada pagi hari
Gejala umum yang lainnya dari penyakit rematik/osteoarthritis.adalh suka mengalami kekakuan pada pagi hari ini Penyebabnya bisa jadi karena tidak beraktivitasnya tubuh dalam waktu lama seperti tidur. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa rasa sakit osteoarthritis biasanya mereda dalam waktu sekitar setengah jam. Tetapi, kekakuan akibat rheumatoid arthritis akan berlangsung lebih lama lagi, mungkin selama setengah hari.



No comments:

Post a Comment